Ini Manfaat Suntik Vitamin C yang Telah Terbukti Secara Ilmiah

Ini Manfaat Suntik Vitamin C yang Telah Terbukti Secara Ilmiah
Ini Manfaat Suntik Vitamin C yang Telah Terbukti Secara Ilmiah. Tren suntik vitamin C saat ini banyak digandrungi. Katanya, vitamin C baik bagi kulit, bahkan bisa bikin kulit jadi cerah. Lantas, apa saja manfaat suntik vitamin C yang sudah terbukti dalam penelitian?

Manfaat suntik vitamin C

Vitamin C atau asam askorbat adalah salah satu vitamin yang memiliki banyak kegunaan untuk tubuh. Biasanya vitamin ini banyak ditemukan dalam  jeruk, stroberi, brokoli, paprika, dan banyak buah lainnya.

Ada banyak cara untuk bisa mendapatkan asupan vitamin C yang cukup seperti dari makanan, suplemen, hingga suntikan. Suntik vitamin C biasanya dilakukan langsung melalui pembuluh darah, otot, atau bawah kulit.

Tak hanya sekadar isapan jempol belaka, suntik vitamin C memang banyak manfaatnya. Ini manfaat suntik vitamin C dari hasil berbagai penelitian.

1. Mengatasi defisiensi (kekurangan) vitamin C

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan berbagai masalah pada tubuh, salah satunya ialah penyakit scurvy. Orang yang mengalami defisiensi vitamin C dan terkena penyakit scurvy akan menunjukkan berbagai gejala seperti:
  • Gusi bengkak dan berdarah
  • Kelelahan
  • Luka yang sulit sembuh
  • Nyeri sendi
  • Bintik-bintik berwarna pada kulit
Suntik vitamin menjadi salah satu cara efektif dan cepat yang bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan vitamin C di dalam tubuh.

2. Menjaga sistem imun

Vitamin C sering kali digunakan untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh secara keseluruhan. Biasanya, cara ini banyak dilakukan oleh orang yang memiliki segudang aktivitas padat setiap harinya.
Suntik vitamin C ini umumnya dilakukan karena lebih praktis dibandingkan dengan minum suplemen setiap hari. Namun, sebenarnya dalam ilmu kesehatan sendiri cara ini masih menimbulkan banyak perdebatan mengenai efektivitasnya pada orang yang juga sedang mengonsumsi vitamin C.

3. Bantu pengobatan kanker

Dikutip dari National Cancer Institute, vitamin C dosis tinggi pada pasien kanker baik yang diberikan lewat suplemen minum maupun disuntikkan langsung melalui pembuluh darah memiliki efek yang positif.

Pasalnya, penelitian membuktikan bahwa pasien kanker yang diberikan asupan vitamin C dosis tinggi memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Sayangnya, Badan Administrasi Makanan dan Obat Amerika Serikat atau setara BPOM Indonesia belum menyetujui cara ini sebagai pengobatan untuk kanker.

4. Gangguan genetik tyrosnemia

Tyrosnemia adalah kelainan genetik pada bayi baru lahir yang ditandai dengan tingginya kadar asam amino tirosin.

Hal ini diakibatkan karena tubuh tidak mampu memecah asam amino tirosin yang berasal dari makanan. Jadi asam amino tirosin akan menumpuk di jaringan dan organ dan bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Salah satu cara mengatasinya ialah dengan memberikan vitamin C baik melalui suntikan atau diberikan langsung untuk dikonsumsi.

Comments

Popular posts from this blog

Memang Benar Terjadi Tsunami di Palu dan Donggala

Duh! 3 Zodiak Ini Nggak Malu Bertengkar di Depan Umum